Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setting Switch Allied telesyn

Setting Switch Allied telesyn VLAN (Virtual LAN) menurut saya adalah pengaturan agar dalam sebuah switch bisa dilakukan segmentasi secara logik. Sehingga client di suatu VLAN tidak bisa ping ke client di VLAN lain meskipun client-client tersebut masih dalam satu sub net.
Switch AT-GS950/48 digunakan untuk melayani 2 client, PC1 dan PC2. Kedua client ini masih dalam satu subnet. PC1 = 192.168.131.10/24 dan PC2 = 192.168.131.11/24. PC1 menggunakan port atau interface No. 2 dan PC2 menggunakan port No. 13. Saya ingin agar antara PC1 dan PC2 tidak bisa saling berhubungan meskipun dalam satu switch, karena beda divisi. Dengan kata lain, secara default, PC1 tidak bisa ping ke PC2 meskipun dalam satu subnet.

Untuk membuat agar switch AT-GS950/48 bisa memenuhi keinginan saya, maka konfigurasi yang saya lakukan cukup 2 langkah besar, yaitu
  1. Konfigurasi Port-Based VLAN
  2. Konfigurasi VLAN Mode
Untuk bisa melakukan konfigurasi, Anda harus login ke dalam switch. Gunakan web browser untuk login dengan memasukkan alamat IP. Kebetulan switch ini saya beri alamat IP 192.168.131.2.

Setelah login, pilih menu Brigde lalu menu VLAN. Pada sub menu VLAN ada 3 menu lagi, yaitu
  1. VLAN Mode
  2. Tagged VLAN
  3. Port-Based VLAN
Langkah selanjutnya adalah pilih menu Port-Based VLAN, bukan menu VLAN Mode atau menu Tagged VLAN. Masukkan informasi berikut :
  • Index : 1
  • VLAN Name : test1
  • Group Member : klik port 13, 14, 15 dan 16
Lalu klik tombol Apply. Nanti pada tabel di bagian bawah halaman web akan bertambah Group Name baru, yaitu "test1" beserta Group Member-nya "13-16"

Langkah selanjutnya adalah pilih menu VLAN Mode. masukkan informasi berikut :
  • Port-based VLAN : klik port 12, 14, 15, dan 16
Lalu klik tombol Apply.

Jangan lupa simpan hasil konfigurasi ini melalui menu "Save Configuration to Flash" yang terletak di bagian paling bawah.

Setelah konfigurasi ini selesai, maka ping dari PC1 sudah tidak bisa ke PC2.


How to reset password on allied telesyn manageable switch if i forgot the password? 

before forgetting password did you save your settings.. if not, just restart it.. 
else , 
device has a reset button.. you can push that via pen, check the devices handbook you will see that mini button.. 

push that button for a ten second... and release.. your settings will reset.. default username : manager password: friend

Post a Comment for "Setting Switch Allied telesyn"